Admin

Admin

Pangkep -- Bupati Pangkep, H. Syamsuddin Hamid SE, menyerahkan laporan keterangan pertanggungjawaban  (LKPJ) tahun 2018 ke DPRD. Dalam laporan tersebut,Pangkep telah berhasil menurunkan angka kemiskinan tahun 2018 lalu, meski angkanya hanya satu digit. Angka kemiskinan tahun 2017 mencapai 16,2 persen menjadi 15 persen.
 
Hal itu dikatakan Syamsuddin di hadapan sidang paripurna DPRD, Jumat ( 17/5) yang dipimpin ketua, Ir.HA.Ilham Zainuddin. Ia mengatakan dalam target APBD tahun 2018 mencapai Rp 1,4 Trilyun dengan realisasi 96,5 persen. Sedangkan pendapatan asli daerah tahun lalu mencapai Rp 175 miliar dengan realisasi 99 persen. 
 
Tahun 2018, kata Bupati Syamsuddin memiliki berbagai dinamika serta prestasi. Hanya saja, untuk kegiatan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan, masih perlu peningkatan sarana pendidikan dan 
kesehatan, terutama di wilayah kepulauan. Ia berharap, agar hal itu dapat dilanjutkan pada tahun-tahun berikutnya, utamanya sebelum berakhir masa jabatannya tahun 2021 mendatang. 
 
Sidang paripurna diikuti sekitar 35 orang  anggota DPRD dan dihadiri pimpinan OPD. Hanya saja, sebelum pelaksanaan sidang, Bupati Syamsuddin menyuruh Plh Sekkab, Dra.Hj. Jumliati MSi, unttuk mengecek kehadiran para pimpinan OPD. Karena beberapa kursi di jajaran pimpinan OPD yang masih kosong. "Harusnya mereka hadir, apalagi ini penyampaian LKPJ Bupati,"tegas Jumliati sambil mengecek absensi kehadiran. Akhirnya satu per satu, pejabat OPD hadir kecuali ada 5 orang pimpinan OPD yang mengikuti Diklatpim II. (Rudi/Mcpangkajene)
 

Pangkep -- Pemkab Pangkep memulai safari ramadhan pada malam kedua, Selasa (7/5/2019) dan Masjid Baitulrahman Kampung Salebbo Kelurahan Sapanang Kecamatan Bungoro Kabupaten Pangkep yang sasaran pertama dari safari ramadan tersebut.

Safari Ramadhan untuk hari pertama dipimpin langsung Wabup Pangkep Syahban Sammana dan ikut dihadiri Ketua DPRD, HA.Ilham Zainuddin.

Wabup menjelaskan tentang safari Ramadhan yang dilakukan oleh Pemkab Pangkep bertujuan untuk semakin mempererat silaturahmi dan ingin menyerap aspirasi masyarakat terhadap berbagai kebutuhan warga di wilayah masing-masing. 
    
H. Majid,salah seorang tokoh masyarakat setempat, yang melaporkan banyak penyakit dan hama yang melanda wilayah persawahan di Kampung Salebbo.

"Masyarakat disini berharap agar pemerintah kabupaten dapat memberikan solusi agar produksi petani di wilayah itu meningkat," ujar H Majid.

Begitu mendengar laporan warga.Wabup Syahban, memerintahkan kepada Dinas Pertanian dan Badan Ketahanan Pangan agar dapat turun langsung ke kampung Salebbo melihat kondisi petani.

"Laporan warga tersebut langsung kami tindaklanjuti dengan mengeluarkan perintah kepada Instansi terkait dan harus ada solusinya ," tambah Syahban.

Ia menyatakan dirinya sudah memerintahkan Kadis Pertanian, Ir Andi sadda agar segera memberikan solusi kepada petani terhadap penyakit dan hama yang terjadi diareal persawahan warga . (Udi/mcpangkajene)

Pangkep - Ratusan siswa siswi SMA/SMK dari 11 desa lingkar Pabrik PT Semen Tonasa mengikuti bimbingan belajar (bimbel) gratis, yang dilaksanakan oleh PT Semen Tonasa melalui program CSR Tonasa Cerdas.

Bimbingan belajar yang diikuti oleh 132 peserta tersebut dibuka langsung Direktur Keuangan PT. Semen Tonasa, Bambang Eko Prasetyo, di SMP Tonasa 2, Desa Biringere, Kecamatan Bungoro, jumat (30/03).

Bambang Eko Prasetyo yang ditemui usai membuka kegiatan mengatakan, jika ini upaya perusahaan untuk meningkatkan daya saing siswa yang berada di lungkungan perusahaan, khususnya mereka yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan.

"Dari adanya bimbel ini diharapkan, anak anak dari 11 desa lingkar Tonasa ini dapat meningkatkan kualitas diri agar bisa bersaing dimanapun dan masuk perguruan tinggi ternama," jelas pria yang akrab disapa Bep tersebut.

Terpisah Ketua Yayasan Kesejahteraan Semen Tonasa, YKST Ilyas Timu, berharap agar siswa siswi nantinya bisa diterima di perguruan tinggi ternama, dengan minatnya masing masing, dan saat menghadapi SBMPT juga lebih siap.

"13 guru YKST akan membimbing langsung peserta, dengan sejumlah mata pelajaran, seperti Matematika, Biologi, Fisika, Sosialogi, Geografi, hingga Bahasa Inggris,"ujarnya. (Atho/Mcpangkajene)

 

Pangkep - Bupati Pangkep, H.Syamsuddin Hamid SE, prihatin dengan kondisi sekarang ini. Penggunaan narkoba sudah menjalar hingga ke tingkat pelajar di sekolah.
 
Hal itu dikatakan Syamsuddin saat melakukan Tatap Muka dengan kalangan guru tingkat PAUD, SD,hingga SMP, (21/3/2019) di kantor bupati. Ia menegaskan agar narkoba di tingkat pelajar harus diawasi secara ketat. Hasil pantauannya di rumah tahanan (rutan) Mattampa Bungoro, banyak penghuninya karena kasus narkoba. 
 
"Sengaja kami undang untuk bersama kita memberantas narkoba di kalangan pelajar," tegasnya. 
 
Hal lain dikatakan, jika para guru harus menjalani profesinya secara profesional. Untuk kesejahteraan, akan menjadi perhatian khusus dari pemerintah kabupaten hingga pemerintah pusat.
 
Sekitar 1000 orang guru lebih mengjadiri rapat yang dipimpin kepala Dinas Pendidikan, drs. Muh. Idris MSI.Hadir dalam acara itu Wabup, H.Syahban Sammana SH, dan pelaksana harian Sekda, dra Hj.Jumliati MSi. Meski ruangan pola kantor bupati di penuhi para guru, tapi acara berlangsung lancar.Hanya saja, usai acara para guru beelomba ingin berswafoto dengan Bupati Syamsuddin. Dengan sabar, tampak bupati melayani permintaan mereka. (Rudi/Mcpangkajene/eyv)
 

Pangkep - Bupati Pangkep Syamsuddin Hamid mengingatkan 424 Calon Pegawai Negeri Sipul (CPNS) yang telah menerima Surat Keputusan Pengangatan tidak diperbolehkan pindah tugas ke tempat lain.

"Jadi tidak boleh ada yang pindah dari tempat tugasnya yang baru dan jangan ada mau mencoba mengurus perpindahan ke tempat lain.  Pokoknya saya tidak akan memberikan ijin untuk pemohon pindah tugas ," tegas Syamsuddin saat memimpin hari Kesadaran Nasional( HKN) yang digelar di halaman kantor Bupati Pangkep, Senin (18/3/2019).

Menurutnya, sudah menjadi kebiasaan para CPNS baru dengan berbagai dalih dan alasan untuk pindah bertugas ke kota, terutama yang ditugaskan di wilayah terpencil Pangkep seperti pegunungan dan kepulauan.

CPNS yang menerima SK tersebut secara rinci terdiri dari tenaga honorer KS sebanyak 35 orang, tenaga guru  136 orang,  tenaga kesehatan 223 orang dan tenaga tekhnis 30 orang. Selanjutnya  mereka segera menuju tempat tegusnya masing-masing sesuai dengan SK yang diterima.

Salah seorang ASN baru bernama Jufri, yang dalam SK ditempatkan sebagai pengajar di Kecamatan Liukang Tangaya, mengatakan baru pertama kali ke wilayah tersebut. Sebelumnya menjadi tenaga honorer disalah satu sekolah di kecamatan Pangkajene."Setelah lulus dan ditugaskan di kecamatan Liukang Tangaya yang dikenal sebagai wilayah Kepulauan terpencil, saya harus rela meninggalkan keluarga ( istri dan anak) demi tugas negara ," kata Jufri ( Udi/Mcpangkajene)

 

Pangkep - Sekretaris Jenderal Kementrian Pendidikan, Didiek Suhadi Phd, memuji program kerja yang diterapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangkep dibidang pendidikan. Salah satunya program beasiswa untuk mahasiswa asal daerah ini yang telah berjalan 3 tahun.
 
Namun ia juga menyarankan kepada pemkab agar memberikan rangsangan yang sama di semua tingkatan pendidikan. "Itu sudah baik, namun perlu juga di tingkat SMA dan pendidikan dasar diberikan beasiswa agar tidak ada lagi anak yang putus sekolah,"katanya.
 
Bupati PangkepH Syamsuddin Hamid SE mengatakan Pemkab Pangkep telah melaksanakan program pendidikan dengan anggaran 20-40 persen. "Meski begitu, masih ada saja kekurangan terutama di wilayah kepulauan dan pegunungan yang merupakan wilayah terpencil."Kata Syamsuddin saat menghadiri acara Gebyar Pendidikan dirangkaikan Jalan Santai di lapangan Citra Mas, Sabtu (16/2).
 
Ia menjelaskan selama 3 tahun kepemimpinannya pada periode kedua ini, sektor pendidikan banyak mendapatkan anggaran. Dihadapan para peserta jalan santai yang jumlahnya mencapai ribuan orang, ia menjelaskan jika 8 Februari laku, Pangkep genap usianya mencapai 59 tahun. 
 
Untuk merayakan itu, pemkab menggelar Jalan Santai yang melibatkan semua lapisan warga serta acara puncak hari Jadi dilaksanakan di lapangan kecamatan  Minasa Tene, Kamis 21 Februari mendatang. Acara Jalan Santai diikuti ribuan warga yang rutenya mengintari kota Pangkajene dengan puluhan hadiah menarik, salah satunya 3 unit motor da sepeda. (Rudi/Mcpangkajne)
 

Pangkep- Alokasi dana desa (ADD) diharap, bukan hanya untuk pembangunan fisik dan infrastruktur seperti gedung dan jalan, Namun ADD diharapkan juga memenuhi kebutuhan gizi masyarakat.

Hal itu disampaikan Bupati Pangkep, Syamsuddin Hamid. Menurutnya, ADD tidak saja diperuntukkan bagi pembangunan fisik dan infrastruktur yang ada di desa. Namun juga perlu melirik kepada kesejahteraan masyarakat, terutama pada peningkatan gizi masyarakat pedesaan. 

"Sekarang ini masih banyaknya ADD digunakan untuk membangun jalan, jembatan hingga fasilitas publik lainnya. Hal itu tidak masalah, hanya perlu peningkatan perhatian terhadap peningkatan kesejahteraan dan kesehatan warga. Apalagi, banyak warga di pedesaan yang tidak tercukupi kebutuhan gizinya," ujarnya, , Kamis (31/01/2018).

ADD kini perlu menyentuh juga terhadap peningkatan gizi masyarakat. Misalnya pemberian makanan tambahan anak sekolah (PMTAS). Hal tersebut diharapkan dapat mengurangi angka kurang gizi yang masih banyak terjadi di wilayah ini. 

Kadis Kesehatan Pangkep, dr. Hj. Indriaty Latief, di tempat berbeda mendukung rencana tersebut jika ADD juga melirik tentang PMTAS. 

Ia menilai, warga yang kekurangan gizi bukan karena tidak mampu membeli. Ada juga warga yang memang pertumbuhan anaknya tidak sesuai kriteria namun bukan kurang gizi. 

"Memang sekarang untuk anak kurang gizi ditangani khusus dan selalu dipantau oleh petugas medis," katanya. (Sahrir/Mcpangkajene)

 

Pangkep - Personel Satuan Lalu lintas Polres Pangkajene Kepulauan (Pangkep) bakal menyelenggarakan road show, dalam rangka Millenial Road Safety Festival di Kabupaten Pangkep mulai 2 Februari sampai 25 Februari 2019.

Kasat Lantas Polres Pangkep AKP Fitriawan menyampaikan bahwa, sudah ada beberapa sekolah yang dijadwalkan untuk dikunjungi di wilayah Pangkep. Di antaranya, SMK Muhammadiyah Bungoro, SMK 1 Bungoro, SMA 11 Negeri Pangkep, SMAN 20 Pangkep, SMA Tonasa, SMAN 4 Labakkang,  SMKN 2 Bungoro, SMAN 3 Bungoro, SMKN 4 Balocci, MAN Marang,  SMAN 2 Segeri dan SMAN 1 Pangkejene.

"Generasi milenial sangat perlu pemahaman terkait berkendara. Harapannya agar mereka tidak lagi ugal-ugalan dan dapat berkendara dengan baik," katanya saat ditemui Selasa (29/1).

Dijadwalkan, sosialisasi ini bakal diikuti ribuan pelajar se-Kabupaten Pangkep. Tidak hanya melibatkan pelajar, kegiatan  ini juga melibatkan ratusan bikers asal Kabupaten Pangkep yang ikut mendukung pelaksanaan sosialisasi ini.

Dia menyebut, ada empat klub otomotif yang bernaung dibawah Yamaha Pangkep yaitu  ARCI (yamaha aerox), VOI (yamaha vino), BROVICS (yamaha vixion) dan YMCI (yamaha mx) ikut bergabung dalam kegiatan ini. Kegiatan tersebut berlangsung di Kantor PT Suraco Jaya Motor Yamaha Pangkep.

"Pentingnya kegiatan ini sebagai bentuk saling mengingatkan keselamatan untuk sesama," ucapnya. (nah/Mcpangkajene)

 

Pangkep - Pemerintah kabupaten Pangkep membuka posko terpadu penanggulangan bencana. Posko  terpadu tersebut berada di pelataran gedung Islamic centre Pangkep.

Bupati Pangkep Syamsuddin Hamid mengatakan, Posko sengaja didirikan sebagai langkah penanganan bencana. Saat ini Pemkab Pangkep masih melakukan pendataan lokasi yang terdampak bencana, baik banjir, longsor, maupun angin puting beliung.

Setiap tahun Pemkab Pangkep memang menyiapkan anggaran untuk penanganan bencana. "Kita cari dulu informasi apa saja kebutuhan. Yang jelas, tiap tahun pemkab siapkan anggaran bencana. Kita masih melakukan pendataan lokasi bencana dan apa kebutuhannya, kita akan salurkan," ujarnya, Rabu (23/1/2019)

Sehari sebelumnya, sejumlah wilayah kecamatan daratan di Pangkep terdampak banjir. Hingga hari ini, sejumlah titik masih tergenang banjir. Selain banjir, sejumlah wilayah juga terkena angin puting beliung, bhkan ada juga tanah longsor dan pohon tumbang. (Sahrir/mcpangkajene)

 

PANGKEP- Bupati Pangkep H Syamsuddin Hamid dalam pengarahannya dirumah jabatan Bupat (Rujab) Pangkep Kamis (22/11) malam mengatakan bahwa kami mengucapkan terima kasih kepada segenap peserta atau kontingen Porda XVI yang sukses meraih juara dua umum di Kabupaten Pinrang beberapa hari lalu.

Untuk itu,  sebagai ucapan terima kasih Pemerintah Kabupaten Pangkep,  maka dengan ini kami serahkan berupa bonus dan penghargaan kepada anak-anaku sekalian dan selanjutnya Bupati berharap untuk selalu mengasah prestasinya.

" Didaerah kita ini,  sudah banyak fasilitas olah raga yang dibuat oleh Pemerintah,  tinggal bagaimana kita memanpaatkan fasilitas tersebut untuk mencetak prestasi-prestasi yang handal" ujarnya

Sementara itu,  dalam penyerahaan penghargaan tersebut,  dihadiri Ketua DPRD Pangkep,  H A.  ilham Zainuddin,  Kajari Pangkep Firmansyah Subhan,  selaku ketua kontingen Pangkep,  Kapolres AKBP Tulus Sinaga. Dandin 1421 Pangkep dan sejumlah kepala Dinas.  (herman djide/mcp)